RUNTEKS

SELAMAT DATANG DI HALAMAN BLOG ZALYAN TOUR & TRAVEL

Monday 8 September 2014

Reza Vahlevi Targetkan Sabang Dikunjungi Sejuta Wisatawan

Reza Vahlevi, Kadisbudpar Aceh memberikan sambutan di malam penobatan Duta Wisata Aceh di Sabang Fair.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi dalam penutupan pemilihan Duta Wisata Aceh di Sabang Fair, Minggu (31/8/2014) menjelaskan sudah banyak capaian di sektor pariwisata Aceh yang harus di apresiasi bersama. Namun pembenahan tetap harus terus dilakukan untuk menjadikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata unggulan dunia.

“Pada tahun 2017 Sabang (ditargetkan) akan dikunjungi oleh wisatawan mancanegara sebesar 1 juta kunjungan. Ini adalah tugas yang sangat berat, pembenahan harus terus dilakukan. Baik meningkatkan sumber daya manusia-nya dan membenahi infrastruktur dan prasarana yang ada dan menata kawasan-kawasan di Sabang,” jelas Reza Vahlevi.


Reza menambahkan, berdasarkan data yang ada, kunjungan wisatawan ke Aceh 1,2 juta orang. Dari jumlah tersebut kunjungan wisman baru mencapai 40 ribu orang. Kadisbudpar Aceh itu berharap, membaiknya perekonomian dunia dapat dijadikan sebagai peluang untuk berbenah diri.

“Seiring dengan semakin membaiknya tren ekonomi global, maka berwisata pun telah menjadi tren global. Pergeseran perkembangan ekonomi di wilayah Cina juga harus dibaca dengan baik. Peningkatan jumlah wisatawan dari kawasan ini lumayan besar. Untuk itu, para guide harus mampu menguasai bahasa Mandarin,” ajaknya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2012 jumlah wisatawan asing yang datang ke Aceh berjumlah sekitar 28.900 orang. Sedangkan pada tahun 2013, terjadi peningkatan sekitar 80 persen, yaitu sekitar 40.500 orang.

Sementara itu, pada tahun ini (2014) mulai Januari hingga April, data menunjukkan kedatangan wisatawan asing ke Aceh meningkat 107 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. (R1007D)

No comments: